WHO Perbarui Pedoman Pakai Masker, Termasuk di Dalam Ruangan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperketat pedoman tentang penggunaan masker. Dikutip dari Reuters, Kamis (3/12/2020), WHO merekomendasikan semua orang di fasilitas perawatan kesehatan maupun dalam ruangan yang berventilasi buruk harus mengenakan masker. Pada bulan Juni lalu, WHO mendesak negara negara untuk meminta warganya mengenakan masker kain di tempat umum baik di dalam dan luar ruangan.

Sejak itu, gelombang epidemi global kedua semakin meningkat. Secara keseluruhan, lebih dari 63 juta orang di seluruh dunia telah terjangkit Covid 19 dan 1,475 juta meninggal karenanya, menurut penghitungan Reuters. WHO mengatakan lebih detail pedoman baru penggunaan masker sebagai berikut : Pertama, pada anak anak dan siswa berusia 12 tahun atau lebih.

Kedua, semua orang harus selalu memakai masker di toko, tempat kerja dan sekolah yang kurang ventilasi, dan saat menerima tamu di rumah dengan ventilasi buruk. Ketiga, masker juga harus dipakai di luar ruangan dan di dalam ruangan yang berventilasi baik di mana jarak fisik setidaknya satu meter (3 kaki) tidak dapat dipertahankan. Keempat, penggunaan masker yang ketat juga perlu diimbangi dengan kebiasaan pencegahan lain seperti mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir.

Lalu, WHO juga menyarankan penggunaan masker medis di fasilitas perawatan kesehatan, termasuk saat merawat pasien lain, pengunjung, pasien rawat jalan, dan area umum seperti kafetaria dan ruang staf. Kelima, petugas kesehatan dapat mengenakan masker respirator N95 jika tersedia saat merawat pasien Covid 19, yakni satu satunya perlindungan yang terbukti aman ketika menangani pasien virus corona. Keenam, disarankan agar orang yang melakukan aktivitas fisik yang berat agar tidak memakai masker, dengan alasan adanya risiko, terutama bagi penderita asma.

WHO juga menyoroti, aktivitasi dalam ruangan sepertu di tempat olahraga indoor atau gym harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Ventilasi yang memadai, jarak fisik dan desinfeksi di gym harus dipertahankan, atau melakukan penutupan sementara juga perlu dipertimbangkan. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *