Wajib Tahu! 3 Jenis Printer yang Cocok Buat Pelajar dan Mahasiswa

Bukan hanya pekerja atau karyawan kantoran saja yang membutuhkan printer canggih. Kamu yang merupakan anak sekolah dan mahasiswa juga memerlukan perangkat yang bukan hanya memiliki spesifikasi bagus, namun juga ketahanan yang membuat masa pakainya lebih lama. Banyaknya presentasi dan tugas yang wajib dikerjakan membuat kamu berkutat dengan setumpuk paper yang pastinya makan biaya banyak jika dicetak di rental komputer.

Supaya lebih efisien, ada baiknya kamu memertimbangkan membeli printer sendiri dari merek terpercaya seperti Canon. Apalagi, harga printer Canon saat ini juga sangat terjangkau, lho. Itu artinya, bahkan dengan mulai budget 1-2 jutaan saja (setara dengan harga hp) kamu sudah bisa membawanya pulang. Kira-kira jenis printer Canon apa ya, yang cocok dengan kebutuhanmu? Cari tahu di sini!

Printer Inkjet

Banyak yang berpikir punya printer sendiri bikin kamu mengeluarkan uang banyak, terutama untuk membelinya dalam kondisi baru. Padahal, ini tidak sepenuhnya benar mengingat Canon memiliki beberapa jenis printer dengan rentang harga bervariasi. Salah satu tipe printer ekonomis yang bisa membantu kamu menyelesaikan berbagai dokumen hingga tercetak dengan rapi dan jelas adalah printer inkjet. Dengan harga rata-rata di bawah 1 juta kamu bisa mencetak hingga ratusan lembar dalam satu bulan, baik itu hitam putih maupun berwarna.

Printer inkjet Canon pada umumnya hanya memiliki fungsi dasar yaitu untuk mencetak dokumen saja, ataupun foto. Dalam kondisi baik, hasil cetakan printer ini tajam, jelas dan memuaskan sehingga lebih dari cukup untuk kamu gunakan mencetak makalah dan berbagai laporan yang harus dikumpulkan. Kecepatan cetaknya juga tidak perlu diragukan lagi yang tentunya menghemat waktumu untuk menyelesaikan berbagai laporan. Namun, printer ini memiliki kekurangan yaitu jika kelupaan mengisi tinta maka cartridge akan kering dan harus diganti dengan harga yang hampir sama dengan beli printer baru.

Printer Ink tank

Kamu yang punya budget lebih dan khawatir bakal lupa mengisi tinta sehingga cartridge kering bisa menjadikan printer ink tank sebaik pilihan menarik. Printer ini punya sebutan lain yaitu printer infus dimana memiliki tangki dan selang tinta yang terhubung ke bagian dalam printer sehingga penggunaan tinta akan lebih terpantau. Pengisiannya juga lebih mudah dimana kamu hanya perlu menuangkan tinta ke dalam lubang tangki hingga penuh.

Walaupun tidak semua, namun sebagian besar printer infus sudah didesain all in one yang artinya kamu bisa menggunakannya bukan hanya untuk mencetak dokumen. Kamu juga bisa menggunakannya untuk scanning dan juga fotokopi yang sangat memudahkan kamu menyelesaikan segala jenis tugas dengan sempurna. Tidak perlu lagi keluar malam-malam untuk memfotokopi catatan atau scan gambar untuk laporan. Dengan harga mulai 2 jutaan kamu sudah bisa memiliki printer infus all in one.

Printer laser

Nah, buat kamu yang membutuhkan kecepatan cetak tinggi tapi malas buat sering mengisi tinta printer, jenis printer laser bakal cocok sekali. Dengan printer ini kamu bisa lebih menghemat waktu karena dalam beberapa menit saja puluhan lembar sudah tercetak dengan warna yang jelas dan tajam. Penggunaan tinta yang efisien dan irit bikin biaya operasional bulanan lebih hemat. 

Hanya saja, untuk mendapatkan printer jenis ini kamu musti berinvestasi di depan karena harganya paling mahal diantara jenis lainnya. Namun, jika ditotal dengan biaya perawatan dan tinta sebenarnya tidak jauh berbeda. Justru kamu mendapatkan keuntungan karena tidak perlu repot beli tinta isi ulang setiap bulannya.

Berapapun harga printer yang kamu bayarkan akan sebanding dengan kualitas yang didapatkan. Gunakanlah perangkat ini dengan bijak supaya kamu bisa mengurangi biaya perawatan akibat kesalahan penggunaan dan printermu juga memiliki masa pakai yang lebih lama. 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.