Tak Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals, Anthony Sinisuka Ginting: Saya Buat Kesalahan

– Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dipastikan tak lolos ke semifinal BWF World Tour Finals setelah pada laga kedua fase grup A ini dirinya takluk dari unggulan ketiga asal China Taipei , Chou Tien Chen, 21 19, 21 11. Di gim pertama, Ginting sempat unggul 13 7 dan 18 15. Sayangnya, Ginting gagal mempertahankan keunggulan dan Chou Tien Chen berhasil mengejar hingga memenangkan gim pertama.

“Saya mencoba yang terbaik hari ini, tetapi di gim pertama di poin terakhir, saya membuat kesalahan,” kata Ginting dalam pernyataan resmi PBSI, Kamis (28/1/2021). “Di gim kedua, Chou mengatur pergerakan saya dengan baik, kemudian saya mencoba untuk bersabar tetapi dia bermain sangat baik hari ini,” jelasnya. Sebelumnya, pada laga pertama Ginting juga mengalami kekalahan dari pebulutangkis asal Denmark, Axelsen 21 17, 21 8.

Pada laga pamungkas di grup A, Ginting menghadapi wakil Malaysia, Lee Zii Jia yang juga telah menelan dua kali kekalahan. Sementara itu, Viktor Axelsen bakal menghadapi Chou Tie Chen untuk merebutkan gelar juara grup A. Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting kembali harus menghadapi lawan berat dalam lanjutan BWF World Tour Finals 2020.

Berlaga di Impact Arena, Bangkok, Thailand pada Kamis (28/1/2021) Anthony Sinisuka Ginting berjumpa wakil Taiwan, Chou Tien Chen. Pertemuan kali ini menjadi yang ke 12 kali bagi Anthony Sinisuka Ginting dan Chou Tien Chen, di mana wakil Indonesia enam kali berhasil meraih kemenangan. Di pertandingan sebelumnya Ginting dipaksa mengakui keunggulan Viktor Axelsen, sementara Tien Chen harus susah payah mengalahkan wakil Malaysia, Lee Zii Jia.

Mengawali gim pertama, Ginting dan Tien Chen sama sama bermain aman dan perolehan poin pun masih dengan selisih tipis 3 4. Ginting mencoba memperlebar jarak dengan memanfaatkan kesalahan kesalahan lawan, ia berbalik unggul dan memimpin 7 4. Tien Chen sempat memperkecil selisih poin, namun Ginting sukses menutup interval gim pertama dengan keunggulan 11 7.

Usai jeda interval gim pertama, Ginting kembali menambah pundi pundi poin dan unggul enam angka dari Tien Chen, 13 7. Usaha wakil Taiwan mengejar perolehan poin menemui hasil positif, ia sukses meraup empat poin beruntun dan hanya berjarak dua poin, kedudukan 13 11. Tiga kali Tien Chen meminta challenge dan ketiga tiganya berbuah negatif, salah satunya membuat Ginting kembali unggul 14 11.

Permainan net dan serangan serangan dropshoot menyilang sukses menyulitkan Tien Chen, selisih tiga poin Ginting memimpin 16 13. Tien Chen terus mencoba mengejar ketertinggalan hingga akhirnya berbuah manis, 22 menit laga berjalan ia sukses menyamakan kedudukan menjadi 18 18. Tak sampai disitu, tunggal putra Thailand ini bahkan berhasil berbalik unggul dan meraih game point dengan skor 18 20.

Gim pertama usai dengan kemenangan Chou Tien Chen, skor akhir 19 21. Sama seperti gim pertama, Ginting berhasil unggul dengan selisih dua poin di awal gim kedua, 3 1 meskipun kemudian dapat disamakan Tien Chen menjadi 3 3. Mencoba mendominasi permainan, Tien Chen bahkan berhasil unggul tiga poin dari Ginting kedudukan 7 4.

Bukan tanpa perlawanan, Ginting mencoba mengejar ketertinggalan lewat smash smash keras namun Tien Chen berhasil menutup interval gim kedua dengan 7 11. Usai jeda interval kondisi tak jauh berubah, Ginting masih berada di bawah tekanan wakil Taiwan yang sukses memperlebar jarak menjadi 8 12. Tien Chen tak terbendung dan semakin leluasa mengendalikan permainan usai unggul delapan poin atas Ginting, 9 17.

Kesalahan kesalahan yang dibuat Ginting membuatnya semakin jauh tertinggal, Tien Chen berhasil meraih match point lewat 9 20. Anthony Ginting kembali harus menelan kekalahan di hari kedua BWF World Tour Finals 2020 usai Tien Chen menutup gim kedua dengan 11 21.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *