Maskapai Ini Dilarang Terbang Dua Minggu Akibat Gagal Terapkan Protokol Kesehatan

Sebuah maskapai penerbangan di India terpaksa harus menghadapi penangguhan penerbangan selama dua Minggu. Menurut Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil, sanksi tersebut diberikan karena maskapai gagal menerapkan social distancing dan aturan keselamatan. Melansir dari laman thenational.ae, Jumat (18/9/2020), pemberitahuan itu muncul setelah artis Bollywood Kanganan Ranaut dikerumuni oleh awak media dalam penerbangan pada Rabu (16/9/2020).

Artis tersebut terbang naik maskapai IndiGo dengan nomor penerbanagn 6E 264 dari Chandigarh ke Mumbai. Sebuah video yang dibagikan di media sosial dan direkam oleh penumpang dalam penerbangan yang sama juga menunjukkan reporter berkerumun di sekitar artis. Banyak juga penumpang yang terlihat tidak mengenakan masker dengan baik dan benar.

Dalam video tersebut, terdengar kru maskapai membuat pengumuman meminta penumpang untuk duduk. Otoritas penerbangan India telah meminta kepada maskapai penerbangan terbesar di India untuk melaporkan insiden tersebut. Ini juga termasuk mengingatkan maskapai penerbangan tentang aturan penerbangan 1937 yang melarang orang mengambil foto dalam penerbangan tanpa izin.

Pihak maskapai IndiGo mengatakan dalam sebuah pernyataan, awaknya telah mengikuti protokol yang benar. "Kami ingin menegaskan kembali bahwa awak kabin kami, serta kapten, mengikuti semua protokol yang diperlukan, termasuk pengumuman untuk membatasi fotografi, menerapkan jarak sosial dan menjaga keselamatan secara keseluruhan," kata maskapai itu. Menindaklanjuti hal ini, Otoritas penerbangan India turut memperingatkan kepada maskapai maskapai lain.

Jika ada maskapai yang menunjukkan kurangnya kedisiplinan dalam menerapkan aturan, maka akan menghadapi skorsing selama dua minggu. "Mulai saat ini, jika terjadi pelanggaran seperti itu, jadwal penerbangan untuk rute tertentu itu akan ditangguhkan untuk jangka waktu dua minggu mulai hari berikutnya," ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Udara dalam sebuah pernyataan. Menurut aturan penerbangan India, penumpang yang sulit diatur juga dapat dilarang terbang selama jangka waktu tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *