Laringitis: Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pernah mendengar istilah laringitis sebelumnya? Dalam pengertian singkat, laringitis merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada pita suara. Tentu saja, permasalahan ini harus disikapi dengan bijak. Pasalnya, ketika laringitis terjadi, seseorang akan merasakan rasa yang tidak nyaman pada bagian tenggorokan. Jika dibiarkan, dampak yang lebih buruk tentu akan terjadi.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal tentang laringitis mulai dari gejala, penyebab dan cara mengatasinya. Tentu saja, pengetahuan yang menyeluruh tentang masalah ini akan membuat Anda lebih waspada tentang kondisi kesehatan Anda.

Gejala Laringitis 

Seperti yang dibahas sebelumnya, laringitis merupakan suatu peradangan yang terjadi pada bagian pita suara dan struktur di sekitarnya. Umumnya, laringitis muncul dikarenakan adanya infeksi serta iritasi oleh zat tertentu yang digunakan secara berlebihan.

Masalah ini ditandai dengan adanya beberapa gejala yang muncul selama beberapa hari. Adapun beberapa gejala umum dari laringitis diantaranya adalah:

  • Suara yang serak hingga suara yang hilang¬†
  • Rasa tidak nyaman ketika berbicara
  • Nyeri ketika menelan
  • Tenggorokan terasa kering
  • Batuk kering atau berdahak

Selain beberapa gejala di atas, penderita laringitis juga bisa mengalami demam. Gejala laringitis ini bisa berbeda dikarenakan penyebab yang berbeda.

Penyebab Munculnya Laringitis

Ada beberapa hal yang menjadi biang munculnya laringitis. Infeksi virus menjadi salah satu penyebab paling umum. Para pakar mengatakan bahwa sebagian besar kasus laringitis disebabkan karena infeksi virus. 

Selain itu, kebiasaan berbicara keras hingga berteriak juga bisa menyebabkan laringitis. Ketika seseorang berteriak dalam waktu yang lama, maka akan ada tekanan yang cukup besar di bagian pita suara. Jika tidak dihentikan, tekanan ini akan melukai pita suara dan laringitis akan muncul.

Penyebab lain dari gangguan laringitis adalah pola hidup yang tidak sehat. Konsumsi alkohol yang dilakukan, terutama dalam waktu lama, akan berakibat pada kerusakan di bagian pita suara. Hal inilah yang mendasari munculnya peradangan.

Cara Mengatasi Laringitis

Jika laringitis terjadi, apa yang harus dilakukan?

Ada beberapa tips yang cukup mudah dilakukan untuk mengatasi laringitis tersebut. Anda yang mengalami masalah peradangan pita suara ini bisa beristirahat suara. Tentu, dengan menghentikan aktivitas berbicara, maka kondisi pita suara akan cenderung membaik.

Solusi lain yang bisa dilakukan adalah memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Dalam hal ini, Anda perlu minum air putih dalam jumlah yang cukup. Dengan tubuh yang terhidrasi, maka kondisi pita suara pun juga akan membaik.

Ketika dua solusi di awal sudah dilakukan dan ternyata laringitis masih belum sembuh, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan. Tentu, ada baiknya jika Anda mengecek kondisi kesehatan terlebih dahulu dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep obat yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *