Kirim Barang ke Malaysia, Pahami Aturan Bea Cukai

Kirim Barang ke Malaysia, Pahami Aturan Bea Cukai

Pajak masuk untuk suatu barang yang dikirim dari negara lain tentunya akan dikenai tarif yang berbeda – beda dan sesuai dengan jenis barang tersebut. Maka dari itu sangatlah penting bagi pihak ekspedisi untuk memiliki data lengkap mengenai bea cukai. Masing – masing negara tentunya mempunyai kebijakan tersendiri, sehingga hal ini perlu untuk diketahui oleh jasa ekspedisi, baik itu lokal ataupun internasional. 

Pengetahuan tersebut berguna untuk upaya antisipasi agar tidak terkendala dalam melakukan pengiriman barang. Begitu juga ketika Anda hendak melakukan kirim barang ke Malaysia, maka pastikan terlebih adhulu bahwa pihak ekspedisi mempunyai formulir sebagai dokumen untuk melengkapi paket atau barang yang hendak Anda kirim.

Apakah Pentingnya Memahami Aturan Bea Cukai ?

Anda yang berencana mengirim barang ke Malaysia tentunya perlu mengetahui aturan dari bea cukai. Sementara aturan bea cukai paket masuk di setiap negara yang tidak sama. Pengenaan bea cukai ini dilakukan jika paket atau barang yang dikirim ternyata mempunyai nilai barang di atas barang – barang yang bebas pajak. 

Sedangkan dalam hal ini terdapat dua sistem penarikan pajak yaitu CIF dan FOB. Anda yang mengirim paket kemudian dikenakan sistem CIF, maka dapat di artikan bahwa pajak dihitung berdasarkan dengan jumlah nilai asuransi pabean serta biaya pengiriman. Namun jika barang atau paket Anda dikenakan sistem FOB, maka dapat di artikan bahwa pajak tersebut dihitung berdasarkan nilai pabean barang impor.

Oleh karena itulah di sini Anda perlu paham akan aturan di tiap negara yang nantinya menjadi tujuan pengiriman. Selain itu, pastikan juga Anda meminta surat keterangan mengenai barang tertentu pada bea cukai agar nantinya tidak dikira ilegal. 

Seperti contohnya di sini ketika Anda hendak mengirim paket yang berupa tanaman langka, hewan – hewan eksotis dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga perlu untuk menyiapkan dokumen penting lain yang berfungsi sebagai pendukung. Nah, itulah tadi yang dapat kami jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat . 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.