Ini Loh Perbedaan Fisik Laki Laki dan Perempuan

Perbedaan fisik laki laki dan perempuan akan terlihat ketika sudah masuk masa pubertas. Bahkan pada masa ini tidak hanya fisik saja yang berubah, tapi juga sikap dan perasaan. Bahkan banyak sekali orang dewasa yang berpendapat bahwa masa puber adalah masa paling sensitive. Lalu, apa saja perbedaan fisik yang akan terjadi ketika pubertas datang baik untuk laki-laki dan perempuan? Simak terus penjelasannya di bawah ini: 

Perbedaan Fisik Laki Laki dan Perempuan 

Setiap laki-laki dan perempuan yang masuk ke masa pubertas memiliki ciri-ciri umum. Berikut ini adalah ciri-ciri umum dari pubertas antara laki-laki dan perempuan: 

  • Ciri umum masa pubertas laki-laki 

Biasanya laki-laki akan mengalami masa puber ketika masuk umur 10 hingga 15 tahun. Di mana pendorong terjadinya puber pada laki-laki adalah hormon testosterone. Masa puber pun juga tidak akan selamanya terjadi. Ketika seorang laki-laki sudah mencapai umur 20 hingga 25 tahun, masa puber pun akan berhenti. 

  • Ciri umum masa pubertas perempuan 

Sedangkan untuk perempuan, masa puber pertama kali akan dirasakan ketika berumur 10 hingga 13 tahun. Hormon yang berperan dalam masa pubertas di perempuan adalah esterogen dan progesterone. Sama seperti laki-laki, masa pubertas perempuan pun juga akan berhenti sekitar umur 18 hingga 20 tahun. 

Ada pun perbedaan fisik laki laki dan perempuan, yaitu: 

  • Laki-laki 

Jika sudah masuk masa puber, maka secara fisik pun akan mengalami perubahan. Untuk laki-laki adalah munculnya bulu di area wajah, seperti kumis atau jenggot, di area ketiak hingga sekitar kemaluan. Lalu, suara pun akan terasa lebih berat ditandai dengan munculnya jakun. Massa otot pun juga akan ikut membesar dan dada semakin bidang. 

  • Perempuan 

Sedangkan perempuan akan mengalami menstruasi atau haid. Payudara dan pinggul pun juga akan membesar. Tidak hanya itu saja, bagian pinggan dan pantat pun akan terlihat lebih besar. Selain itu, juga akan muncul bulu di area ketiak dan kemaluan. Suara perempuan yang sedang puber juga akan berubah, menjadi lebih tinggi dan halus. 

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan fisik laki laki dan perempuan yang perlu kamu ketahui. Untuk kamu yang perempuan dan sedang mengalami haid, maka sangat disarankan menggunakan pembalut dari Charm yang sudah teruji klinis dan aman untuk digunakan. 

Deskripsi: perbedaan fisik laki laki dan perempuan akan sangat terlihat ketika masuk masa puber yang mana tidak hanya fisik saja yang berubah tapi juga sikap serta perasaan. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.