Cara Penanganan Heartburn yang Merupakan Gejala GERD

Salah satu gejala naiknya asam lambung atau GERD yang parah adalah bisa menyebabkan rasa nyeri atau terbakar di bagian dada. Hal tersebut disebut dengan heartburn yang merupakan naiknya asam lambung kembali ke kerongkongan.

Heartburn atau refluks gastrointestinal ini disebabkan oleh otot sfingter esofagus yang dapat mengendur sehingga membuat pipa makanan tidak terlindungi dan menyebabkan asam lambung naik. Ketika mengalami gejala GERD yang parah ini Anda mengalami rasa yang tidak nyaman. Sehingga perlu ditangani dengan tepat yang bisa menggunakan langkah berikut ini:

  • Kendurkan pakaian

Tips pertama yang dapat dilakukan ketika mengalami heartburn adalah dengan mengendurkan pakaian yang dikenakan. Salah satu cara pencegahan agar tidak menyebabkan asam lambung mudah naik adalah dengan menghindari menggunakan pakaian ketat. Hal tersebut akan membuat perut lebih tertekan sehingga asam lambung bisa naik. Sehingga apabila mengalami heartburn maka bisa untuk melonggarkan pakaian yang dikenakan.

  • Mengubah posisi

Selain itu Anda juga bisa mengubah posisi menjadi posisi berdiri. Bagi yang mengalami eposide heartburn saat berbaring ataupun duduk bisa untuk mengubah posisi ke berdiri agar tegak. Hal tersebut akan membuat tekanan pada sfingter esofagus ke bagian bawah dan membantu asam lambung naik agar berhenti. Setelahnya juga bisa untuk mengangkat tubuh ke bagian atas.

Bagi yang mengalami heartburn, jangan berbaring karena akan bisa memperburuk gejala penyakit GERD. Sehingga bisa untuk berdiri tegak atau bisa untuk membuat permukaan tempat tidur mengangkat tubuh bagian atas. Gunakan bantal yang lebih tinggi daripada tubuh perlu dilakukan ketika mengalami heartburn. Atau juga langkah yang lebih ampuh adalah dengan mengangkat tubuh dari pinggang ke atas seperti bisa mempunyai posisi seperti bersandaran.

  • Memanfaatkan beberapa bahan makanan

Langkah penanganan selanjutnya ketika mengalami heartburn adalah dengan menggunakan bahan yang dapat ditemukan di rumah. Seperti misalnya yang pertama adalah soda kue atau baking soda yang dapat meredakan heartburn. Buat satu sendok teh baking soda yang dicampur ke dalam air dan minum secara perlahan.

Selain itu juga bisa membuat jahe panas yang dapat meredakan mual dan perut lebih nyaman. Anda juga bisa memanfaatkan cuka apel yang diencerkan terlebih dahulu untuk membantu meringankan heartburn yang dirasakan.

Selain itu juga bisa mencoba mengunyah permen karet setelah makan. Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menyebutkan bahwa mengunyah permen karet setengah jam setelah makan dapat untuk membantu mengurangi terjadinya heartburn.

  • Hindari asap rokok

Asam lambung naik juga bisa disebabkan karena kebiasaan buruk seperti merokok. Seperti diketahui bahwa rokok mempunyai dampak yang buruk untuk kesehatan. Termasuk juga dapat menyebabkan terjadinya heartburn.

Bagi Anda yang masih merokok maka bisa menghindari dan menghentikan kebiasaan ini. Karena dapat membantu untuk mengurangi datangnya heartburn dan bisa membantu mencegah asam lambung naik.

  • Menggunakan obat

Cara penanganan terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan obat yang mudah ditemukan karena dijual bebas di pasaran. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada petugas apotik dan bertanya mengenai obat yang cocok sesuai dengan heartburn yang dirasakan dan tanda asam lambung naik lainnya yang dialami.

Sehingga hal tersebut akan membantu untuk mendapatkan jenis obat yang dibagi menjadi kelas yang berbeda. Mulai dari obat antasida, penghambat h2, dan terakhir adalah proton pump inhibitor (PPls).

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2021. What Is Acid Reflux Disease?

Medical News Today. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About GERD.

Promag.id. Diakses pada 2021. Mengenal Penyakit Gerd.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *