7 Obat Tradisional Mengatasi Biduran atau Kaligata, Ampuh untuk Usir Gatal dan Bentol Kemerahan

Pernahkah kamu mengalami masalah kulit gatal dan muncul ruam merah hingga bentol atau biasa disebut dengan penyakit biduran? Biduran atau yang akrab dikenal oleh masyarakat dengan istilah kaligata ini, memang menimbulkan rasa tidak nyaman dan bisa mengganggu penampilan. Biduran biasanya muncul akibat dari reaksi alergi tertentu, bisa karena makanan atau cuaca.

Gejala biduran antara lain bercak bercak berwarna kemerahan di permukaan kulit dengan ukuran berbeda beda yang rasanya sangat gatal. Biasanya orang yang terserang biduran atau kaligata ini akan langsung mengonsumsi obat dari dokter atau yang dijual di apotek. Tapi tahukan kamu biduran atau kaligata ini bisa diredakan hanya dengan obat tradisional saja?

Selain mengonsumsi obat berbahan kimia, cara mengatasi biduran juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan bahan alami yang ada di sekitar kita. Lantas apa saja bahan alami yang digunakan untuk obat tradisional biduran? Air kelapa dipercara menjadi salah satu cara mengatasi biduran yang cukup ampuh.

Cobalah minum 3 hari berturut turut air kelapa hijau yang dicampur dengan sedikit madu. Bisa juga minum seduhan campuran 2 sendok tes adas (Foeniculum vulgare, Mill), 7 cm rimpang kunyit (Curcuma domestica, Val.), dan 2 butir bawang merah (Alium cepa, L.). Semua bahan setelah dicuci bersih, dilumatkan, lalu diseduh dengan 1½ gelas air.

Saring. Setelah agak dingin minum ramuan ini 3x sehari @ ½ gelas, selama beberapa hari. Hindari mengompres bagian kulit yang mengalami biduran dengan kompres panas. Selain dapat menambah rasa gatal yang dialami, mengompres panas meningkatkan risiko iritasi pada kulit.

Gunakan es batu yang dibalut dengan kain dan gunakan kompres dingin pada bagian kulit yang mengalami biduran untuk menurunkan gejala yang dialami. Selada air memiliki rasa seperti lemon dan lada. Dikenal karena sangat bergizi, ini juga merupakan salah satu makanan antihistamin terbaik.

Salada air dapat mencegah 60% histamin yang dilepaskan oleh sel mast selama reaksi alergi. Bawang putih memiliki antioksidan dan probiotik yang menghentikan sel mast melepaskan histamin. Daun kelor adalah salah satu makanan super penting dan herbal antihistamin alami.

Dibandingkan dengan selada air, dapat menghambat 12% lebih banyak dari semua histamin yang dilepaskan oleh sel mast. Antihistamin alami untuk kulit yang kaya vitamin E. Ini membantu mengurangi gatal yang disebabkan oleh gatal gatal. Oatmeal adalah salah satu makanan antihistamin alami yang biasa digunakan untuk gatal gatal.

Tetapi tidak dengan konsumsi. Mandi oatmeal dapat dengan cepat meredakan rasa sakit dan gatal yang disebabkan oleh alergi. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.