5 Cara Mengobati Skoliosis agar Tidak Makin Parah

Skoliosis merupakan salah satu jenis kelainan tulang belakang. Gejala kelainan ini ditandai dengan tulang belakang yang melengkung ke arah samping seperti membentuk huruf S atau C. Selain itu, gangguan muskuloskeletal ini juga akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri pada punggung. Lantas, bagaimana cara untuk mengobati kelainan tulang belakang ini? Simak caranya di bawah ini.

1. Obat Pereda Nyeri

Untuk kasus kelainan yang masih ringan, cara penyembuhan bisa dilakukan untuk mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri dan rasa tidak nyaman pada bagian punggung. Adapun jenis obat yang biasa digunakan adalah obat anti peradangan, seperti acetaminophen dan juga ibuprofen.

Bila penggunaan obat tidak bisa meredakan gejala gangguan muskuloskeletal jenis ini. Ada baiknya Anda memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan resep obat dengan dosis yang lebih tinggi. atau menggantinya dengan cara pengobatan yang lebih kuat.

2. Terapi Korset Penyangga

Terapi merupakan cara pengobatan secara alami untuk masalah kelainan tulang belakang. Dalam terapi yang dilakukan akan mengandalkan bracing atau alat penyangga. Alat penyangga ini nantinya akan dipasang di sepanjang punggung, guna mencegah melengkungnya tulang punggung supaya tidak semakin parah.

Jenis bracing yang sering digunakan terbuat dari bahan plastik yang mempunyai kontur, supaya lebih mudah disesuaikan dengan tubuh. Saat menggunakan bracing, Anda bisa menutupinya dengan pakaian dan bisa dipakai setiap hari secara rutin.

3. Terapi Fisik

Terapi lain yang bisa dilakukan untuk mengobati kelainan tulang belakang ini adalah terapi fisik, seperti senam peregangan, pilates atau yoga. Akan tetapi, tiap gerakan yang dipilih harus ditentukan oleh terapis profesional yang ahli menangani masalah tulang belakang. Tujuan dari terapi ini untuk meningkatkan fleksibilitas dan juga menguatkan tulang.

Selain itu, dengan menjalani yoga, Anda juga akan diajari untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian punggung dengan melakukan meditasi. Dengan teknik ini, pikiran Anda akan jauh lebih fokus pada ketenangan hati. Dengan begitu, otot tubuh akan lebih rileks dan juga rasa nyeri akan semakin berkurang.

4. Pijat Oleh Ahli Ortopedi

Cara mengobati skoliosis yang lainnya adalah dengan pijat. Namun, pijat yang dikhususkan untuk area tulang belakang ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebab, hal tersebut bisa menimbulkan masalah lain jika dilakukan sembarangan. Pijat yang diberikan harus dilakukan oleh ahli ortopedi yang mengetahui teknik memijat yang baik dan benar.

5. Operasi untuk Pengobatan Kelainan Tulang Belakang

Jika keempat cara di atas belum menuai hasil yang positif, atau kelainan tulang belakang Anda semakin parah, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan operasi. Operasi ini hanya dilakukan jika kelainan tulang belakang tersebut menghambat Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, atau kelengkungan tulang belakang mencapai 45 hingga 50 derajat.

Itu dia lima cara mengobati Skoliosis yang sering digunakan agar gejalanya tidak semakin parah. Selain kelima cara yang ada pada daftar diatas, Anda bisa membaca lebih lanjut di Orami Magazine. Sebab, Orami Magazine tidak hanya berisi artikel tentang parenting saja, melainkan ada banyak artikel kesehatan yang sangat berguna untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.