4 Cara Menghilangkan Ketombe yang Parah Secara Alami

Meskipun sepele, mayoritas orang risih dengan yang namanya ketombe. Secara umum, ketombe disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya jamur Malassezia. Yang jadi pertanyaannya, bagaimana cara menghilangkan ketombe yang parah? Untuk lebih jelasnya mengenai cara menghilangkan ketombe, berikut ini cara alami yang bisa Anda lakukan.

1. Lidah Buaya

Sudah jadi wawasan umum, bahwa lidah buaya sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah rambut, termasuk menghilangkan ketombe. Memang benar, lidah buaya dianggap sebagai tanaman obat sudah sejak ratusan tahun lalu. Sebab, sari lidah buaya bisa mendinginkan kulit kepala, mengangkat sel mati dan juga membunuh jamur.

Untuk cara pemakaiannya sendiri, Anda hanya perlu memisahkan daging beserta gel dengan kulitnya. Kemudian hancurkan hingga lembut. Selanjutnya, oleskan pada kulit kepala dan rambut hingga merata. Bilas rambut dengan air dingin setelah 15 sampai 20 menit.

2. Garam

Menghilangkan ketombe dengan garam bisa menjadi alternatif buat Anda yang ingin hasil tercepat. Sebab, tekstur garam yang mirip scrub akan menggosok ketombe pada permukaan kulit rambut. Selain itu, cara ini juga tidak akan merusak rambut.

Untuk cara penggunaannya sendiri, cukup ambil sedikit garam, kemudian tabur pada bagian kulit kepala yang terkena ketombe. Kemudian gosok-gosok secara perlahan. Tunggu beberapa menit, kemudian bilas dengan shampo hingga bersih.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis menjadi alternatif buat Anda yang ingin menghilangkan ketombe sekaligus menutrisi kulit kepala dan rambut. Sebab, jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin B1, B2, B3, B5 dan C. Untuk caranya sendiri cukup mudah. Campurkan perasan jeruk nipis dengan air hangat, kemudian balurkan ke kulit kepala dan juga rambut. Kemudian bilas dengan air dingin setelah 5 menit.

4. Tomat

Cara alami berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe menggunakan tomat. Sebab, tomat bisa menyeimbangkan pH kulit kepala. Sekedar informasi, pH yang tidak seimbang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ketombe.

Untuk caranya sendiri, cukup hancurkan tomat hingga lembut, kemudian campurkan dengan sedikit minyak kelapa dan aduk hingga rata. Oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala dan rambut hingga ke ujungnya. Lakukan pijatan pada beberapa titik relaksasi di bagian kepala dan biarkan hingga beberapa menit. Setelah meresap, bias dengan air hingga bersih.

Itu dia empat cara menghilangkan ketombe yang parah secara alami. Selain keempat bahan alami tersebut, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, lemon, minyak tea tree dan juga minyak almond.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.